KEPEDULIAN


SETIAP profesi punya cara sendiri dalam mewujudkan kepedulian. Hartawan bederma dengan kekayaan, cendekiawan berbagi  ilmu pengetahuan, dan kaum miskin beramal dengan tenaganya.

Lalu apa sedekah konsultan? Salah satunya adalah menyumbangkan keahliannya untuk kemaslahatan, sebagaimana yang dilakukan Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (DPP INKINDO) Jawa Timur.

Inkindo adalah asosiasi pengusaha jasa konsultan, mereka punya banyak tenaga ahli berkompeten, maka tanggung jawab sosialnya diwujudkan dalam bentuk bantuan studi teknis penanganan pascabencana tanah longsor di Desa Banaran, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo.  Irwan Susilo, ST, MT

“Ada dua hal pokok yang kami kerjakan. Pertama, penanganan relokasi. Kedua, memelajari ancaman bencana,” kata Irwan Susilo, ST, MT, Ketua Tim Pokja Tim bantuan studi teknis. Tim ini segera membuat peta detail geologi guna mengetahui potensi kelongsoran tanah, mencari solusi, dan rekomendasi.

Pak Jamus Kunto, Kadis PU Ponorogo, menginformasikan, kawasan Banaran tergolong rawan bencana. Masalah jadi dilematis, karena warga bersikukuh ingin mendiami kawasan yang sudah dihuni turun-memurun itu.

Mereka bilang, “pejah gesang manggen mriki.” Sikap itu dapat dimaklumi karena lahan di situ tergolong subur. Jahe merah tumbuh sempurna. Ketela juga mempersembahkan umbi yang besar-besar.  adrionomatabaru.blogspot.com
foto longsor: suarakumandang.co

Colek : Adi Prawito, Ibnul Watoni, Ninik, Nur sdik, ainurrofi, cakwit, satria sembiring. 
Previous
Next Post »