BALIHO TUTUP BOTOL

 

Tiga hari menjelang acara puncak resepsi seabad Nahdlatul Ulama (NU), suasana kian terasa, terutama di Sidoarjo. Bendera hijau bergambar tali jagad berkibar di mana-mana. Baliho besar penuhi tempat-tempat strategis.

Tidak ketinggalan di daerah juga terjadi “demam” seabad NU. Masyarakat turut merayakan dengan caranya masing-masing. Seperti siswa SD Maarif Jogosari, Pandaan, Kab. Pasuruan, Jatim. Sekolah inovatif ini berkrasi membuat baliho yang terbuat dari 17 ribu lebih buah tutup botol bekas.

Tutup botol ditempel di permukaan dua lembar triplek besar. Konfigurasi benda daur ulang itu akhirnya membentuk wajah tokoh-tokoh NU yaitu KH Hasjim Asy’hari, KH Wahab Hasbullah, dan KH Abdurrrahman Wahid (Gus Dur).

“Kami ingin turut merayakan seabad NU bersama anak-anak. Juga ingin mengenalkan tokoh-tokoh ulama NU kepada mereka. Lalu muncul ide membuat kegiatan yang dapat melibatkan seluruh siswa, yaitu membuat baliho ini,” kata Hj. Nurul Khusnaini, S.Pd, Kepala SD Maarif Jogosari.

Sejak dua pekan lalu siswa sudah ditugasi mencari tutup botol bekas. Dari 800 siswa terkumpul sekitar 25 ribu tutup berwarna-warni. Warna-warni itulah nantinya yang akan digunakan untuk membentuk wajah. Proses penempelannya memakan waktu dua hari.

Sebetulnya prosesnya bisa dipercepat. Tetapi ini kan juga untuk pembelajaran. Jadi masing-masing siswa secara bergantian diberi kesempatan mengambil  warna sesuai kebutuhan, lalu menempelkan tutup botol.

Dalam berkarya ini tampaknya guru tidak menuntut pada kesempurnaan. Yang penting anak-anak terlibat dalam proses membuat karya bersama dan mereka menikmatinya dangan suka-cita. Hal itu terlihat dari antusias siswa saat mengumpulkan tutup botol. Demikian juga pada saat kegiatan menempel, sejumlah siswa yang ingin membantu terus, enggan diganti teman-temannya.

Kegiatan ini juga bermanfaat untuk pembentukan karakter dan cinta lingkungan. Siswa diajak peduli dengan masalah lingkungan, lalu dengan kreativitas memanfaatkan benda-benda bekas menjadi karya daur ulang yang cukup menarik dan bernilai ekonomi.  Salut..!

(adrionomatabaru.blogspot.com)



 

Previous
Next Post »