WANI DIGITAL, WANI UNIK



“Jangan takut dengan digitalisasi. Tapi takutlah jika dirimu tidak mampu menyesuaikan diri.” Quote menarik itu diutarakan oleh motivator kondang Merry Riana, dalam acara peluncuran portal berita clicks.id, di aula Unusa, Surabaya, Kamis siang.

Pesatnya perubahan situasi karena penetrasi internet yang dahsyat dan turbulensi informasi saat ini memang menimbulkan banyak masalah. Tapi  betapapun, semua itu telah menjadi fakta, bahkan akan semakin kuat memengaruhi kondisi masa depan kita.

Digitalisasi dan maraknya medsos di era 4.0 kiranya melahirkan beragam sikap di masyarakat. Ada yang melihatnya sebagai kendala ada juga yang menyikapinya sebagai tantangan. Bahkan bisa dipandang sebagai  kutukan, atau justru atau anugerah. Tapi Merry justru melihat ada banyak peluang di dalamnya. Dan terbukti dia telah mememukan eksistensi dirinya sebagai motivator di zaman milenial. Dia berjaya dengan followers mencapai 2,6 juta lebih.

Menurutnya, ikuti saja irama zaman, sebab di sana selalu ada peluang. Dulu orang senang main blog, lalu pindah ke Facebook, geser ke YouTube, lalu Instagram, dan sekarang ramai-ramai main Tiktok.

“Ketika saya coba belajar Tiktok, banyak yang ngelarang, ngapain bikin Tiktok itu mainan anak-anak alay. Tapi saya tetap mencoba, sebab saya yakin Tiktok  adalah bagian dari rangkaian perkembangan yang pasti ada manfaatnya,” kata host program teve Im_possible itu.

Merry akhirnya mengunggah karya Tiktoknya. Tentu saja tidak asal bikin, dia tetap menempelkan karakteristik dirinya, memasukkan kalimat-kalimat motivasi di antara gerakan goyang-goyang kepala. Nah  kesimpulannya, dengan kreativitas semua tren bisa dimanfaatkan untuk kepentingan para kreator yang jeli.

Mery lalu menampilkan dua anak muda yang sukses mendulang uang dari dunia maya. Vindy seorang vloger  asal Kota Malang  dan Agung Dwi Kurnianto  pengusaha  online kerajinan kulit merek Revolt Industry.

Agung yang memulai usahanya dari sewa garasi kecil kini telah berkembang besar dengan karyawan sekitar 40 orang. Produknya tidak hanya diminati orang pribumi, tetapi juga orang luar negeri, mulai dari Amerika hingga Rusia.

Bagainama awalnya kamu tergerak menekuni bisnis olshop seperti ini? Jawaban Agung cukup out off the box.  “Biasanya anak-anak muda yang lulus sekolah pikirannya selalu ingin segera mencari pekerjaan. Baru nanti setelah mapan, akan mencoba membuat usaha online. Kalau saya malah sebaliknya. Kenapa tidak diawali dulu bekerja mandiri, dikerjakan sampai berdarah-darah, kalau memang gagal baru cari pekerjaan jadi karyawan ikut orang lain,”  katanya.

Dan Agung memang sempat berdarah-darah. Bahkan pada tahun ke empat bisnis rintisannya ludes dilalap api. Dalam keterpurukan dia berhasil bangkit lagi berkat bantuan dari  orang Singapura yang tidak  justru dikenalnya. Penolong itu mengaku berempati karena melihat effort dan semangat Agung yang tinggi.

Merry Riana bilang, salah satu kata kunci sukses di dunia digital adalah konten yang unik. Youtuber Vindi dengan alamat “Ini Vindy” adalah contohnya. Lulusan desain grafis ini punya keahlian khusus, terampil membuat make-up karakter wajah tokoh terenal. Hebatnya lagi, itu dilakukan di wajahnya sendiri. Dia sanggup merias wajahnya sendiri hingga berubah wujud menjadi wajah Jokowi, Bung Karno, Freddy Mercury, Che, hingga Rambo.

Proses metamorfose perubahan wajah tersebut kemudian disyuting, diunggah ke Youtube dan ternyata meledak. Kini dia telah memilih jalan hidupnya sendiri: menjadi konten kreator dan  difollow tak kurang dari  1,77 juta orang. Dia tinggalkan pekerjaan lamanya meski sudah level manajer.

Youtuber Dave Jephcott  juga sanggup menjual keunikan hingga dia sukses menangguk penghasilan  tinggi. Hadir dengan nama beken Londokampung, Dave digandrungi  sekitar 2,98 juta subscribers. Dia mencermati  belum ada bule yang fasih berbicara dalam bahasa Jowo Suroboyoan. “Bahkan  sampek sak ini, koyoke sik durung onok londo sing isok ngomong koyok aku ngene ini. Dadi aku nggawe konten Londokampung nang Yutup,” kata bule kelahiran Australia ini.

Dalam videonya, Dave sering ngeprank orang, pura-pura menjadi bule, tanya ini itu ke masyarakat dalam bahasa Inggris. Bila yang ditanya kebingungan baru dia buka kartu bahwa dirinya bisa omong Jowo.  

Dalam satu episode Londokampung ini macak menjadi pilot. Minta diantar mencari ban pesawat bekas. Ndilalah oleh tukang ojek diantar ke pasar loak. Bisa dibayangkan bagaimana kehebohan ketika dia menawar-nawar  ban bekas dengan bahasa Inggris.

Dev..Dev.., koen niku isok ae carane nggolek duwik. (adrionomatabaru.blogspot.com)




Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Amouy
AUTHOR
March 19, 2020 at 10:43 PM delete

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^

Reply
avatar
cherryblossom
AUTHOR
March 22, 2020 at 10:27 PM delete

Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Reply
avatar