KE KEBUN TEH JAMUS, MENYERUPUT ILMU TEH


  
Mengunjungi wisata agro Kebun Teh Jamus, di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kec. Sine, Kab. Ngawi, kita mendapat manfaat ganda. Niatnya kami hanya memanfaatkan untuk lokasi pertemuan informal “ngopi bareng” anggota DPP Inkindo Jatim. Tetapi ternyata mendapat tambahan manfaat, berupa ilmu tentang khasiat teh beserta teknik menyeduh teh yang baik dan benar, dan bonus spot-spot ciamik untuk foto selfi.

Tidak tanggung-tanggung, yang mewedhar ilmu teh ini adalah Bpk. Purwanto, pimpinan dari PT Candi Loka yang mengelola Kebun Teh Jamus di ketinggian 800-1200 mdpl itu.

Hamparan perkebunan teh 478 hektare di lereng Gunung Lawu ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya tahun 1886. Dibangun pengusaha Belanda bernama Van De Rappart. Klon asli pohon tehnya masih dipertahankan hingga kini. Bibit asli ini ditaman dari biji, bukan dengan cara disetek. Terdapat beberapa klon seperti Zabokita dari Jepang, Sukoi (Rusia), Asamika (India), dan teh Gambang (Indonesia).

Kapasitas produksi pabrik ini mencapai 7 hingga 8 ton per hari atau menghasilkan 2 ton teh kering. Jamus kemudian memasok sejumlah pabrik teh kemasan di Ngawi, Solo, Pekalongan, hingga Bandung, yang kemudian beredar di pasar dengan berbagai merek antara lain teh Jenggot dan Raja.
Koperasi Karyawan PT Candi Loka juga mengeluarkan merek “Jamus” yang dijual di areal pabrik dan sekitarnya. Kebun Teh Jamus fokus memproduksi jenis  green tea. Salah satu varian andalannya adalah teh rasa kopi. Aroma kopi muncul bukan karena menambahkan biji kopi, tetapi melalui proses metode sangrai.

Mengunjungi Jamus, kita dapat menikmati panorama terasering kebun teh yang indah,  melihat pengolahan teh yang menggunakan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Di sini juga ada wahana rekreasi, kolam renang, Bukit Borobudur, dan mataair Sumber Lanang, dan venue paralayang Gununggede.

Menurut Pak Purwanto, pada umumnya kebun teh menghasilkan empat macam produk yaitu white tea, green tea, black tea, dan oolong. Teh putih diambil dari tunas daun teh muda yang masih menguncup dan diproses tanpa fermentasi. Sedang green tea diambil dari pucuk daun teh. Demikian juga untuk back tea dan oolong.

“Yang paling baik itu teh putih. Ini premium. Kandungan antioksidannya mencapai 32%. Sedang untuk teh hijau antioksidannya  sebesar 28%, dan teh hitam dan olong sekitar 23%,” katanya.

Dikatakan, minuman teh itu berkhasiat untuk kesehatan tubuh, antara lain untuk mencegah tumor, kanker, darah tinggi, kekebalan tubuh, diet, dan relaksasi. Wajar jika bangsa Cina sampai menyebut teh sebagai minuman dari Surga.

Tetapi agar bermanfaat optimal, ada syaratnya. Teh akan berkhasiat apabila diminum tanpa gula. Karena keberadaan gula dapat menghilangkan efek menyehatkan dari teh. Warga Jawa Barat umumnya terbiasa menyeruput teh tanpa gula, tetapi di Jatim dan Jateng orang masih suka mencampurkan gula ke dalam cangkir teh.  

“Kalau minum teh pakai gula, itu sama saja dengan minum gula rasa teh. Kalau minum lemon tea dicampur dengan gula itu artinya minum gula rasa lemon tea,” kata Pak Pur memberi analogi.
Lalu bagaimana dengan orang yang tidak doyan minum teh tawar? Pemandu wisata Teh Jamus memberi solusi. ”Kalau memang ingin manis pakai saja gula batu atau madu,” katanya.

Ada satu hal lagi agar teh bermanfaat maksimal. Yaitu cara penyeduannya harus benar. Gunakan teknik sedu ritual minum teh dengan rumus 3-6-9. Apa itu? Nanti akan saya tulis, pada status berikutnya, semoga sempat.

(adrionomatabaru.blogspot.com)





Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Amouy
AUTHOR
March 19, 2020 at 10:42 PM delete

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^

Reply
avatar
cherryblossom
AUTHOR
March 22, 2020 at 10:27 PM delete

Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Reply
avatar