CERITA INDAH DUNIA SEKOLAH



Banyak ide berseliweran di dekat kita, bahkan beranak-pinak di benak. Tapi bagai gelembung sabun, tidak semua orang mampu menangkap ide yang banyak itu. Kalaupun mampu menangkap, buble itu meletus tatkala digenggam, hingga kita cuma menangkap barang hampa. Hanya tangan-tangan pengarang yang mampu menangkap gelembung ide, lalu memprosesnya hingga menjadi sebuah karya tulis.

Wiwin SA adalah salah seorang guru yang cakap menangkap ide. Dari lingkungan keseharian di sebuah sekolah dasar di kawasan Kunjang Kediri, dirinya lihai memunguti ide dan memeram daya kreatif  lalu terlahirlah sebuah novel yang apik berjudul  “Garuda Bumi Panji” ini.

Kehidupan sekolah yang diakrabi saban hari dapat diolah menjadi setting cerita yang memungkinkan dirinya leluasa membincangkan apa saja, mengembarakan  imaji, dan menyodorkan gagasan mulia. Dari ruang kelas dia ditumbuhkan soal rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air. Juga tentang keprihatinannya  terhadap seni tradisional Jaranan yang kian terpinggirkan.

Keberadaan guru yang tidak sekadar mengajar membuat dia mengetahui keruwetan kehidupan sosial ekonomi murid-muridnya. Lalu dihadirkan tokoh utama Cikgu Kinantan, yang terlibat intens di dalamnya, berempati dan mencari solusi hingga melebihi perannya sebagai guru.  Melalui kegiatan ekstrakurekuler sekolah juga dihadirkan getar-getar asmara, cinta  segi tiga antarsesama guru muda.

Ah, novel ini begitu detail dan memikat penggambarannya. Saya jadi merasa berada di lingkungan sekolah sungguhan. Turut merasakan pahit getir suka gembira tokoh-tokoh di dalamnya.  Membayangkan kesengsaraan nasib Ilalang, Abelio yang drop out, Bu Kinantan yang cantik, hingga Pak Laksana sang pecinta yang platonis, yang rela menyumbangkan bola matanya.

Selamat Bu Wiwin SA atas terbitnya novel barunya. Saya selalu angkat dua jempol  kepada guru yang produktif melahirkan buku. Terus terang saya juga ngiri, kapan ya bisa niru seperti itu. Bagiku menulis novel itu seperti lari maraton dengan rute panjang dan melelahkan.  Aku dadi awang-awangen arep nglakoni hehe.... (*)

adrionomatabaru.blogspot.com

Previous
Next Post »