MENGAKTIFKAN LAMAN SEKOLAH



Kini, hampir semua institusi memiliki website sendiri. Bahkan tampilan laman mereka bagus-bagus dan canggih, karena dibuatkan oleh ahlinya. Website telah menjadi etalase wajib untuk menunjukkan keberadaan lembaga kepada dunia luar.

Namun sayangnya, “etalase” yang sudah indah itu sering kosong tanpa isi. Informasinya basi tidak ter-up date sama sekali. Sehingga, sekali orang membuka alamat di dunia maya itu dia langsung “cegek”  (kecewa berat) dan tak bakal menjenguk lagi.

Menyadari akan hal itu Sekolah  Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya mencoba memberdayakan para gurunya untuk aktif berkontribusi terhadap laman yang dimiliki, yaitu saim.sch.id. Dalam sehari kemarin mereka mengadakan workshop teknik menangkap informasi dan kegiatan sekolah yang layak publikasi lantas belajar menuliskannya.

Saya merasa gembira diajak turut menemani guru-guru sekolah alam, yang beralamat di Medokan Semampir Indah 99 itu, untuk belajar menulis dan sharing bersama.

Ternyata amat banyak informasi penting dan menarik  layak untuk diunggah, hanya kepekaan untuk mengangkatnya menjadi tulisan perlu dilatih. Selamat berlatih Cik Gu, semoga segera menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Berikut ini salah satu hasil karya  cikgu TK yang belajar menjadi “reporter” baru.   

PETANI CILIK PANEN SAYUR

SAIM News - Hari ini (14/2) anak-anak TK A Sekolah Alam Insan Mulia praktik pengenalan kehidupan masyarakat di pegunungan. Pagi hari, siswa sekolah berkarakter itu mulai berdatangan dengan memakai kostum ala petani desa. Mereka mengenakan caping gunung juga memanggul cangkul atau memegang keranjang yang dibawa dari rumah masing-masing.

Kegiatan diawali dengan senam pagi yang dilakukan dengan sangat semangat. Anak-anak semakin bergembira ketika memulai proses memetik sayur-sayuran. Mereka memanen sayur kangkung, terong, timun, dan kacang panjang. Sayur-mayur yang biasa ditanam di perdesaan kini bisa di panen di kebun SAIM.

Melalui pembelajaran yang menyenangkan di sekolah alam ini, diharapkan anak-anak  tertarik mengenal sayuran dan suka mengonsumsinya. (*)

adrionomatabaru.blogspot.com
Sapa para cikgu keren: Ratna hasma, Ahma mukhtar, hamdiyah, diena, lia, ardiana, andriani, lilik.

Previous
Next Post »