Jembatan Paiton II

 

Sampai di mana progres tol Trans-Jawa? Ternyata proses pengerjaannya sudah sampai Paiton, sebuah kecamatan di perbatasan Probolinggo dengan Situbondo. 

Ruas proyek tol Probolinggo-Banyuwangi (Proban) Paket 3 membentang dari Probolinggo sampai dengan Situbondo sepanjang 24,3 km. Nanti akan ada tiga  pintu keluar dengan satu interchange terakhir yang posisinya pas arah keluar kota Besuki sekitar 5 km. Juga bakal dibangun dua rest area. 

Proyek tol ini milik PP-WIKA-Waskita KSO. Sedangkan kelanjutan proyek tol dari Besuki ke Banyuwangi akan dikerjakan dengan paket berbeda. Sekarang masih dalam proses pembebasan lahan. Proban Paket 3 ditargetkan rampung Desember 2024. 

Bilamana sudah dapat dilewati pengendara, boleh jadi ruas ini akan menjadi titik favorit karena menghadirkan panorama indah. Pengguna jalan dapat melihat pantai utara Jawa dengan laut biru dan beberapa kapal di atasnya. Bila melaju malam hari akan menyaksikan pesona gemerlap ribuan lampu dari lokasi PLTU Paiton.   

Saat ini fokus aktivitas Paket 3A adalah proses pengerjaan jembatan Paiton 2. Letaknya dekat dengan lokasi PLTU Paiton, berada persis di seberangan jalan. Berkait dengan kegiatan ini rencananya ada  beberapa tiang sutet yang akan direlokasi karena terlewati jalan tol. 

“Jembatan masterpiece Paiton 2 ini panjang bentangannya hampir mencapai 300 meter. Ketinggian dari dasar menuju pile head kurang lebih  40 meter. Jadi volume betonnya cukup besar,” kata Harmuji Waluyo, Site Operational Manager Waskita Karya. 

Beruntung saya Kamis kemarin berkesempatan ikut meninjau lokasi proyek Jembatan Paiton 2. Menyaksikan kegiatan pembuatan pondasi penyangga jembatan. Melihat pekerja menjalankan alat-alat berat untuk pembukaan lahan, memecah batu-batu tebing, hingga mengecor pondasi tiang pancang beton readymix dengan metode in situ (mengecor langsung di tempat). (adrionomatabaru.blogspot.com)

 


Previous
Next Post »