SETIAP LOKASI ADALAH DESTINASI


Objek wisata tidak sebatas pada yang tertera pada brosur paket wisata biro jasa perjalanan. Tempat rekreasi tidak selalu tempat mainstream yang banyak dikunjungi wisatawan. Sebab, di Nusantara ini, setiap lokasi adalah destinasi. Setiap alam terbuka adalah panorama, dan setiap sikap dan perilaku warga adalah pesona budaya.

Seperti kali ini saya menyusuri perjalanan di kawasan yang tidak terlalu tampak dalam peta, dan tak banyak diperbincangkan. Tetapi keindahan alami kayaknya tidak begitu butuh pengakuan orang. Begitu kaki menginjak geladak speed boad, di dermaga pelabuhan Tering, Kec. Melak, Kab. Kutai Barat, Kaltim, suasana hilir Sungai Mahakam sudah bersiap menyajikan pemandangan yang menyenangkan.

Kapal motor menderu melawan arus sungai, melaju menuju kawasan Mahakam Ulu, sebuah kabupaten pemekaran baru. Dalam kecepatan tinggi speed boad bergerak mendongak seperti melayang di permukaan air. Gelombang air memuat kendaraan berkapasitas 20 penumpang ini mengikuti irama berjungkat jungkit naik dan turun.

Sepanjang empat jam perjalanan menuju jantung pulau Kalimantan ini kami berenam mengamati saja kiri kanan sungai. Ada rimbunan hutan, rumah panggung, aktivitas warga, dan tebing menjulang. Sesekali berpapasan dengan perahu kecil dengan penumpang bertopi saung yang budar lebar. Menyaksikan lansekap yang tersaji, membuat jari menyentuh ikon camera pada layar sentuh smartphone tak henti-henti.

Nah, mengapa masih butuh referensi dan rekomendasi untuk memilih destinasi,  bila di setiap perjalanan kita pasti menemukan pesona negeri ini?  (adrionomatabaru.blogspot.com)

Previous
Next Post »