DENYUT LITERASI DI PERUSAHAAN FARMASI


Siapapun Anda, di zaman medsos ini, ada baiknya mengenal ilmu jurnalistik, setidaknya kaidah dan prinsip dasarnya. Sebab, disadari atau tidak, setiap orang telah “berfungsi” dan “bertindak” sebagai wartawan. Semua bisa bikin berita lantas menyebarkan kabar ke SELURUH DUNIA, dengan hanya sekali klik.

Ini lompatan teknologi yang patut disyukuri tapi juga sekaligus layak dicemasi. Betapa kemudahan itu telah membikin kita jadi begitu gampang mengakses ilmu pengetahuan dan berbagi info penting kepada sesama. Tetapi gara-gara kemudahan ini pula, sejumlah orang meringkuk di bui karena status dan cuitan sembrononya. Dengan mengenal prinsip dasar dan kode etik jurnailistik setidaknya seseorang menjadi bijak, tidak ngawur mengunggah konten ke dunia maya.

Maka saya sambut gembira tatkala perusahaan farmasi PT Otsuka Indonesia, Lawang, Malang, mengundang saya untuk mengisi diklat jurnalistik untuk karyawan di sana. Di perusahaan, yang antara lain memproduksi infus dan softdrink Pocary Sweet ini, saya lihat kehidupan literasi berkembang cukup bagus, dan mendapat support dari manajemen.

Mereka memiliki majalah internal yang terjaga penerbitannya, yang April mendatang sudah memasuki usia 20 tahun. Majalah MaOS namanya. Sebuah nama yang bagus. Maos adalah bahasa Jawa halus yang bermakna membaca. MaOs ternyata juga sebuah akromin dari Majalah Arek Otsuka.

Secara berkala pengelola majalah merekrut reporter dan kontributor baru dan melakukan pelatihan seperti layaknya media beneran. Ini patut diapresiasi, sebab tentu tidak mudah merawat budaya baca tulis di lingkungan perusahaan, yang notabene bukan dunia akademik atau institusi sekolahan.

Sekitar 22 karyawan, Sabtu kemarin, merelakan waktu akhir pekannya demi untuk belajar mengenal dunia jurnalistik. Dengan asyik berlatih menulis berita dan pratik wawancara dadakan dengan sejumlah narasumber. “Ini pengalaman pertama saya wawancara. Agak grogi awalnya, belum siap mau tanya apa. Tetapi saya dapat banyak pelajaran pada diklat ini,” kata seorang peserta.

Seharian saya larut berinteraksi bersama mereka (asam urat saya langsung tidak terasa). Bersama karyawan yang ingin memberi nilai lebih kepada dirinya, yang bersemangat mengembangkan potensi diri dan menghidupkan cita maupun obsesinya. “Saya ingin menjadi orang yang dapat mempengaruhi orang lain, influence”, “saya ingin menjadi inspirator”, itu adalah beberapa ungkapan peserta diklat yang ditulis di kertas kecil-kecil yang sengaja saya bagi.

Maka kepada mereka saya bilang. “Anda telah berada di jalur yang benar. Dengan menekuni dunia tulis-menulis, InsyaAllah Anda akan menjadi pribadi yang dapat memengaruhi orang lain. Saya doakan semoga karya-karya Sampeyan nanti dapat menginspirasi,” kata saya menguatkan.

Bravo MaOS. “Ayo.. MaOs, biar Joss..... !!

Sapa : Supri, Palal, Sri Mulyo, Bambamg Bunda Sri.


   

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
lovemachoco
AUTHOR
February 24, 2019 at 8:39 PM delete

permisi min numpang share ya ^^
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^


Reply
avatar