MENJUAL JASA PENDIDIKAN DENGAN ELEGAN



 
KATA “menjual” pendidikan agaknya sudah telanjur berkonotasi buruk: komersialisasi pendidikan. Kata  “menjual sekolah” juga kerap dilontarkan dengan malu-malu kucing, karena merasa tidak etis. Mosok sekolah dijual, emang apaan? Bukankah sekolah itu lembaga nirlaba yang bertujuan mulia mencerdaskan anak bangsa?

Padahal menjual jasa pendidikan adalah sebuah keniscayaan. Kompetisi antarsekolah sudah demikian ketat. Lebih-lebih di zaman branding seperti sekarang.  Masyarakat tidak lagi membeli barang tetapi juga membeli merek (brand).  Dengan demikian, bila sebuah lembaga jasa mampu membangun citra positif terhadap pelanggannya maka dia akan diminati orang.

Sungguh, aktivitas membranding sekolah, asalkan dilaksanakan dengan proporsional, terkonsep, dan elegan (bukan sekadar jual kecap) akan sangat efektif untuk mencapai tujuan publisitas dan meraih kemajuan sekolah.

Salah satu poin yang disarankan dalam buku ini adalah bersahabat dengan media massa. Ini gampang-gampang susah. Buktinya banyak pengelola sekolah mengeluh: “Kami sering ngirim siaran pers, tapi tidak pernah dimuat. Beberapa kali mengundang wartawan, tapi mereka enggan datang.”

Diperlukan kiat cerdik agar sekolah kita gampang terpublikasi. Perlu memahami karakter berita dan cara bekerja awak media agar kita mampu bersinergi dengan institusi pers. Mereka tetap mendapat berita, sedang kita mendapat citra.

Buku ini memberi tuntunan praktis mengenai hal-hal seperti itu serta berbagai jurus kreatif lainnya. Seperti menemukan deferensiasi sekolah, bergegas merebut pasar, hingga memanfaatkan dunia maya. Selamat membaca. (*) 

Judul Buku             : MEMBRANDING SEKOLAH, 
                               Jurus Kreatif Mendongkrak Popularitas Sekolah
Penulis                   : Adriono          
Penerbit                 : Lutfansah Mediatama, Surabaya
Tebal                     : 208 halaman
Harga                    : Rp. 48.000,- (belum termasuk ongkos kirim)

Bila berminat, silakan SMS alamat Anda ke 081 330 400 345 atau kirim massage ke facebook  adriono.ono atau melalui blog ini.  Barang segera dikirim. Terima kasih.
Previous
Next Post »