MEMBUKUKAN KKN


Sebenarnya cukup banyak karya mahasiswa yang apik dan layak baca. Sebagian dari laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mereka juga potensial untuk dipublis. Jadi, eman-eman jika karya tulis dari lapangan itu disusun hanya demi mendapatkan nilai mata kuliah, setelah itu didlusupno nang  lemari.

Maka saya dan pak dosen Mohammad Ghofirin, M.Pd. mencoba mengompilasi laporan KKN mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), seusai mereka menjalankan KKN tematik di kawasan Kecamatan Jabon, Sidoarjo, tahun 2018 kemarin.

Namanya karya mahasiswa, begitu heterogen tingkat kelengkapan dan akurasinya. Sebagian laporan komplet  dan rapi, sebagian lagi masih bolong-bolong dan sumir. Maka kamipun perlu turun ke beberapa kecamatan untuk mengonfirmasi dan menambal data agar didapatkan  bahan buku yang memadai.

Alhamdulillah draf bukunya sudah rampung. Judulnya “Menguak Potensi Kecamatan Jabon.” Kini tinggal nyuwun kata pengantar Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M.Hum.  “Saya senang. Terbitnya buku ini akan membuat potensi Sidoarjo terpublikasi dan lebih dikenal publik,” kata Abah Ipul saat audiensi di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

InsyaAllah buku “Potensi Jabon” (juga buku “KKN Sambil Ngopi”) akan dilauching Senin (22/7) mendatang. Bersamaan dengan acara pemberangkatan kegiatan KKN gabungan mahasiswa Unusa dengan  Unusida (Univ. NU Sidoarjo) di Pendapa Sidoarjo. (*)

Thanks buat Sas yang garap infografisnya. Sapa:Pak Fathul Anam, Kemi, Rudi,  Saiful, Endang, suyono hs, dhiena, Ahmad.


Previous
Next Post »