Nulis Plus Ndongeng

  


Ternyata pelatihan menulis dan mendongeng yang digabungkan menjadi satu paket dapat menjadi kegiatan yang asyik dan kompatabel. Ribuan guru PAUD dan SD se-Surabaya ramai-ramai belajar dua keterampilan itu di Graha Unesa, Selasa kemarin. 

Saya gembira karena turut diajak membersamai dan sharing pengalaman dengan para pendidik itu, dalam hal kiat menulis lancar dan memikat. Sedangkan trik mendongeng dibina oleh pendongeng nasional Kak Nitnit (Kartikanita Widyasari, S.Psi. CHt). 

Tidak hanya mendengar presentasi dan tanya jawab, peserta juga berkesempatan praktik menulis sekaligus mendongengkan karyanya di atas panggung secara spontan.  Saya kebagian memberi masukan dalam aspek karya tulisnya, terutama trik membuat opening tulisan. Sedang Kak Nitnit memberi saran tentang bagaimana mendongengkan karya tulis dengan ekspresif dan menarik. 

Begitu banyak pesertanya, lantas saya melontarkan guyonan dalam bentuk parikan:

Teka Pucangsewu budal nang Tenggilis.

Ate numpak bis, gak duwe konco.

Wong petang ewu kepingin dadi penulis.

Lha nek kabeh nulis, sopo sing moco? he he he…. 

Pelatihan ini merupakan bagian awal dari rangkaian acara berikutnya yaitu Lomba Menulis dan Mendongeng untuk Guru PAUD-SD se-Surabaya, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Persyaratan dan tema dapat dilihat di web atau instagram Dispusip Kota Surabaya. 

Sebelum acara diklat menulis-mendongeng, berlangsung peluncuran buku karya Ibu Rini Indriyani, S. Farm.Apt Eri Cahyadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya yang sekaligus Bunda PAUD dan Bunda Literasi serta Ketua Forum Puspa Srikandi Kota Surabaya.

Diluncurkan tiga buku sekaligus, yang berisi tentang perlindungan dari kekerasan hingga belajar tentang mitigasi bencana. Judulnya: “Stop Aku Tidak Suka”, “Belajar Tentang Kebakaran dan Cuaca Ekstrim”, dan “Banjir dan Gempa”. 

Tampak hadir Direktur PAUD Kemendikbudristek KOmalasari, M.Pd dan perwakilan dari Kementerian PPA, serta sekitar 4.300 bunda PAUD dan guru SD se-Surabaya.

Selamat ya Bu Rini. (adrionomatabaru.blogspot.com)



Previous
Next Post »